Paralel


Minal 'Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan bathin..

Barusan lebaran tahun ini gue mudik ke tempat bude di kota Pelaihari di Kalimanta Selatan. Semboyan kotanya "Pelaihari Berseri" Bersih, Sehat, Rapi dan Indah. Pas banget sama konisi kotanya yang nyaman dan udaranya masih layak hirup. Kali ini gue ga akan menjelaskan sejarah kota Pelaihari, tapi gue mau cerita tentang Lebaran di kota yang Maha adem ini.

H+2 lebaran. Keluarga gue memutuskan untuk silaturahmi ke tempat bude gue. Jadi kenapa beliau gue panggil bude. Jadi nenek gue dulu punya kakak, nah kakak dari nenek gue ini punya anak 6 orang, dan salah satunya bude gue. Jadi beliau gue panggil bude. (Semua keluarga wanita dari ibu kita dalam silsilah keluarga Jawa di panggil Bude sih sebenernya..)

Bukan kali ini aja, gue mudik ke tempat bude sudah sejak zaman tamagochi masih menjadi mainan paling gaul waktu itu. Yah zaman gue SD kira-kira. Ibu gue pernah bilang bude punya anak 3 dan sejak itu yang gue pernah ketemu cuma 2 orang. Mas Wawan dan Mas Dimas (Jadi kalau saudara yang lebih tua dari kita itu dalam silsilah Keluarga Jawa di panggil Mas, kalau cewe Mbak. Gitu).
Barulah lebaran kemarin gue baru ketemu sama Mas Agung, anak kedua bude. Setelah ngobrol-ngobrol bentar sama Mas Agung gue dapat banyak motivasi yang bikin gue pengin cepet-cepet kerja dan punya Rmah Sakit sendiri. Mas Agung ini tampangnya ga ganteng-ganteng banget, sederhana dan jauh dari kata keren kalau menurut anak-anak fashion sekarang. Tapi siapa sangka sekarang dia kerja di PPATK KPK Jakarta Pusat. Sejak lulus SMA dia ga pernah bayar kuliah, selalu dari beasiswa dan ga pernah keluar dari rangking 3 besar. Dia juga dari SD tinggal sama nenek di Jawa semenjak pakde meninggal. Dan menurut gue, ga ada laki-laki yang lebih keren dari ini.

Mas Agung sempat bilang ke gue. "Dek, kalo sekarang kamu lagi merasa susah dan lagi down banget, itu artinya kamu lagi ngabisin jatah susahnya kamu, sabar aja nanti pasti ada saatnya kamu bisa menikmati hasil usaha kamu sekarang". Tentu dengan bahasa Jawa yang artinya kurang lebih gitu.
Gue cuma diem. Lama. Rasanya lega banget..

Dulu Mas Wawan dan Mas Dimas sempat tinggal di rumah gue pas masih kuliah, karena mereka kuliah di Banjarbaru. Gue masih inget kurusnya mas-mas gue ini pas masih kuliah, dan sekarang Mas Wawan sudah menjadi dokter spesialis sedangkan Mas Dimas jadi Manager sebuah Bank Swasta di Pelaihari. Gue sempat bilang gini ke ibu.
"Bu enak ya bude anak-anaknya sudah jadi orang semua."
Ibu gue cuma senyum sambil bilang.
" Tuhan ndak pernah tutup mata sama orang-orang seperti bude dan keluarganya dek "

Banyak yang bisa di ambil dari keluarga bude gue ini dan gue ga akan pernah bosan buat dapat nasehat serta silaturahmi disini.

Aduhh.. jangan terlalu serius gitu..
oh iya..
Kemarin gue dapet pertanyaan gini dari temen pas lagi makan, sebut aja Joni
Joni: "Bro katanya lo clbk ya sama si doi?"
Gue: "iya Jon"
Joni: "Lo tau ga orang yang clbk itu ibarat dia nonton film trus di ulang lagi, dia udah tau endingnya gimana dan pasti bosenin saat di tonton."

Disitu gue sedikit tergelitik sama omongan si Jon. Gue taruh sendok dan garpu lalu gue tatap matanya dalem sambil nepuk pundaknya..

Gue: "Jon.. lo pernah nonton Transformer?"
Joni: " I..iya pernah.."
Gue "lo nonton yang ke 2 dan ke 3 nya ga? seru? Kebaca endingnya gimana?"
Joni: "Nonton, lebih seru sih, endingnya juga ga ke tebak.."
Gue: "Nah sekarang lo ngerti kan, saat kita clbk, bukan berarti kita kembali pada orang yang sama, sifat yang sama. Orang yang clbk sama-sama tau bahwa mereka sebenarnya sudah mendapatkan versi baru dari pasangan nya di masa lalu."
Tiap orang punya kesempatan untuk jadi lebih baik, dan mencari orang yang baru bukan berarti sosok yang berbeda bukan? :)
Jon pun terdiam dengan tatapan kosongnya, terus gue berjalan pelan menuju kasir buat bayar makanan dan gue tinggalin si Jon di situ.. sendirian..

Buat yang lagi punya pacar dan kamu lagi di atas angin..
Maksudnya gimana mas leo?
Maksudnya kamu punya pacar dan banyak yang kebetulan ngejar kamu juga, jangan ngerasa hebat dulu. Emang yakin pacarmu ga ada yg ngejar juga? Yakin ga ada yang ngejar-ngejar dia juga?
Kelakuan para cewe ni yang sering minjem hape cowonya buat di geledah isinya, cari chat sama cewe lain, macem-macem lah. Sekalinya ga ada pasti nuduhnya udah di hapus. Giliran punya dia yang di pinjem ga boleh. Ada foto rahasia lah, hp nya nyetrum lah, sakit gigi lah. Alasannya macem-macem.. -,-'
Yahh.. kadang saat kita bertanya, bukan jawaban sebenarnya yang kita ingin dengar, tapi jawaban seperti yang kita inginkan.
Gue yakin apa yang kita lakukan pasti akan kembali lagi ke kita.

Misalnya kamu (buat cowo) liat ada adek tingkat cakep dan langsung ngedeketin..
Mungkin aja disana pacarmu lagi di godain kaka tingkatnya..
Misalnya kamu (buat cowo/cewe) tiba-tiba ada kesempatan buat dekat lagi sama mantan..
Mungkin aja disana pacarmu lagi dideketin mantannya juga..

Jadi maksudnya gimana mas leo?
Intinya sih kalo kamu sudah punya pasangan, yakinin dulu deh jangan cuma dijadikan "teman-sesaat-sembari-menunggu-yang-lebih-baik" nya aja.

"Kita ga akan pernah bisa memegang hal besar jika kedua tangan kita masih dipenuhi oleh hal-hal kecil."

Wah tambah bingung mas Leo?
Gini aja.. Kalo kamu punya pasangan dan kamu masih punya banyak gebetan dijamin itu hubungan ga akan tahan lama. Kamu harus ngelepasin gebetan kamu atau kamu bakalan kehilangan pasangan kamu.

Gue yang nulis kenapa gue yang nyesek ya.. ah sudahlah..semoga kalian dapat point yang gue maksud yaa..

by: Sileo

5 Masukan:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Sebenarnya Joni lebih ke "gak peduli" atas jawaban sekuel itu. You know Joni lah. :v hahaha.

    BalasHapus
  3. yeah.. just shit-people like you dude.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam hidup, sekurang-kurangnya Anda mesti punya one-shit-friend-who-talk-like-an-asshole

      Hapus