Kontrakan

Hari ini gue bangun agak pagian dari biasanya.. Jam 7. Jadwal jaga di rumah sakit jam 8. Gue bangun jam 8 dan dateng ke rumah sakit jam 8.30 an. Iya gue orangnya on time (di atas waktu) banget, jadi ya gitu..

Sudah hampir 3 tahun gue tinggal di kontrakan karena alasan pendidikan, sudah pantas kiranya gue menuliskan tips-tips untuk jejaka-jejaka dan perawan yang baru lulus SMA dan merantau ke negeri orang.

Saran gue yang pertama adalah pastikan temen sekontrakan kalian bukan pengedar narkoba atau bandar judi sabung ayam. Kebayang kan kalau tiap malam ada yang grebek kamar kalian cuma buat beli ganja atau masang taruhan. Pasti tidur kalian keganggu banget.. (ini intinya menyimpang banget lah~)
Kalau gue sekarang alhamdulilah lagi tinggal sekontrakan sama dajal-dajal kecil, walaupun temen-temen gue anak kesehatan semua, tapi kelakuan mereka ga kalah ngeselin sama balita. Tapi itulah dunia kontrakan, kita harus terima positif dan negatif temen-temen kita. Seperti 2 manusia yang sedang merajut kasih. Seperti lagu Peterpan. Seperti operator telcomsel. Ga ada yang sempurna..

Kedua pastikan pembagian tugas kontrakan sudah di musyawarahkan secara mufakat bersama-sama. Misanya siapa yang tugas bersihin rumah, bersihin halaman, bayar listrik, PDAM, wifi, jaga malam buang sampah dan ngunci pagar tetangga. Ini lebih ke curhat sih daripada saran..
Gue kebetulan dapet tugas beres-beres kontrakan tahun ini, Hmm.. cuma gue yang peduli kebersihan sih sebenernya. Gue udah sering negur temen-temen yang buang sampah sembarangan tapi tetep aja, gue mikir apa ini karena gue terlalu baik buat mereka.. sampai akhirnya gue nulis sebuah kitab yang berbunyi gini..

Kalian pasti bertanya-tanya siapakah zimbabwe tersebut diatas?
Jadi temen sekontrakan gue panggilan sayangnya Zimbabwe, Komodo, Tapir buncit dan masih banyak lagi. Ga semesra panggilan sayang pada umumnya. Tapi mereka bisa terima dan tetep nengok kok kalau di panggil gitu :))

Ketiga. Pastikan kalian memikirkan pemakaian listrik dan air se efisien mungkin. Kalu tidak perlu jangan di pakai. Misalnya ada temen kita yang lagi nge charge hp semaleman tanpa di cabut, biasanya gue buang hpnya di bak sampah sih. Kemudian besok paginya gue dan temen gue itu perang dingin pakai sarung sampai salah satu dari kami kehabisan nafas dan menyerah..

Ke empat pastikan kalian bersosialisasi dengan tetangga, banyak manfaatnya. Contoh gue suka sksd sama tentangga di samping rumah, bukannya apa-apa, kami biasa nitip sampah di pembuangan tetangga jadi otomatis gak bayar iuran sampah komplek. Pelit .Jenius.

Pastikan peraturan di kontrakan jelas. Gue dan para ilalang di kontrakan sepakat untuk membuat peraturan:
1. Dilarang membawa pacar ke kontrakan. Boleh bawa tapi pacarnya harus ngajak temen cewek yang cakep juga.
2. Dilarang menyalakan kembang api di dalam kontrakan
3. Buang sampah pada tempatnya
4. Kalau ada temannya yang main game online, gadget di larang conect wifi
5. Kalau melanggar peraturan di atas, udelnya disetrum, pakai raket nyamuk.

Keuntungan ngontrak adalah kalian ada temen ngobrol kapan saja dan dimana saja. Contoh gue sering ngobrol bareng bimo di pagi buta, biasanya gue sambil nonton tv di ruang tengah dan bimo sambil bab di toilet.
Kedua, kalau ada apa-apa temen kalian bisa bantu. Contohnya kalau Tyo tidur sering ngiler gue lap pakai tisu toilet. Ada juga kalau Tesan mulai ngorok dan membangunkan warga satu kampung, sudah tugas gue buat nampar dia sampai bangun pakai remote tv. Semacam itulah dan masih banyak lagi.

Semoga tips gue kali ini tidak mengurungkan niat kalian buat ngontrak. Adiosss~

by: Sileo

0 Masukan:

Posting Komentar