Kerajaan Lontong

Alhamdulilah masih bisa update blog, susah kalau sok-sokan sibuk gini. Memang benar katanya kalau koas itu masa-masa kepompong, ga bisa bebas seperti dulu lagi. Tapi bukan berarti kita ga bisa ngapa-ngapain.
Baru 3 minggu gue masuk coass, sudah banyak masalah yg gue perbuat, dari di marahin dosen sampai di setrap dan dapat tugas bersih-bersih selama sebulan lebih. Tapi ya gitu..

Pelaut handal gak lahir di laut tenang bukan, Mereka lahir di samudra yang luas dan ganas
Sori2 malam tadi kebanyakan makan micin makanya agak mabuk gini..
Ngomong-ngomong sebentar lagi tahun 2015. Itu artinya harga BBM akan naik lagi, standar mertua buat nikahan semakin tinggi dan masa kontrakan bersama para 'komodo-komodo' gue berakhir. Yap. Gue berniat buat pindah kontrakan lagi, banyak pertimbangan yang sudah gue fikirkan, walaupun sudah sangat nyaman dengan yang sekarang tapi gue pingin suasana baru, masalah baru dan pengalaman baru di tempat yang berbeda. Yahh, saat kita terjebak di zona nyaman kita, disaat itulah kita sulit untuk berkembang.

Ngomong-ngomong soal nyaman, gue baru sadar, hampir 2 tahun ini gue sering banget makan pagi sama nasi kuning dan lontong khas Banjar. Di tempat yang sama pula. Wih kok bisa?
Jadi ceritanya dulu awal-awal kuliah di Banjarmasin, deket kontrakan lama gue ada tempat makan yang unik, jadi di dalam sebuah tempat gitu ada yang jual nasi kuning-lontong, ada yang jual pecel-gado-gado dan ada pangkalan ojeknya plus danau tempat mancing .Makanannya enak semua. Kalau di tes akreditasi sama dosen UGM mungkin ini nilainnya A+ (apasih). Yang bikin gue susah move on dari tempat ini adalah suasana tiap pagi yang bikin gue merasa jadi manusia, gue merasakan interaksi nyata antar umat manusia yang selama ini jarang gue dapatkan (berhubung teman kontrakan gue komodo semua). Gosip-gosip pagi yang selalu up to date, logat antar ras yang beragam. Semuanya bikin gue 'nyaman' tiap pagi. Terlebih gue boleh ngutang disini hehehe. Makanya gue sering banget makan pagi disini. Kalau ada lomba pelanggan terfavorit mungkin gue jadi juara umumnya.

Setelah pindah ke kontrakan baru pun gue tetep sering kesana, padahal jaraknya dari kontrakan baru gue cukup jauh. FYI. Di deket kontrakan baru gue padahal ada tempat makan cina yang lebih lengkap dan ga kalah enak dari yang disana. Tapi bukan sekedar kenyang yang gue cari, tapi rasa kekeluargaan di tempat makan lama itu. Kok bisa?
Bayangin aja tukang ojek disana tiap pagi bantuin bibi penjual pecel ngambil air dan nyiapin jualannya, bibi penjual lontong yang tiap  pagi nyiapin gorengan buat para tukang ojek. So sweet banget kan padahal umur mereka rata-rata sudah kepala 4. Pemandangan kayak gini belum tentu ada di tempat lain.
Moment yang paling lucu adalah saat kang ojek mancing barengan dan ada yang dapet ikan sapu-sapu. FYI ikan sapu-sapu di dunia perpancingan adalah zonk nya mancing. Jadi barang siapa yang dapat ikan ini pasti di bully dan dikucilkan kehidupannya~

Ga cuman itu, pelanggan yang datang juga ga kalah asik, dari anak TK, mahasiswa, pekerja kantoran, sampai pejabat pernah kesini. Berhubung tempat makannya tepat di belakang kantor polisi, jadi gue sering dapet banyak informasi di dunia kriminal. Persis kayak kita denger berita pagi cuman ini reporternya live di depan mata kita. Keren kan.

Tapi yang jadi favorit gue adalah ibu penjual nasi kuning dan lontongnya "Mama Esa". Beliau baik banget, pengertian, gak posesif, dan gak curigaan... *duhh kelepasan
Beliau ngerti pesanan gue tiap pagi, lauknya kalau ayam pasti sayap, kalau ikan pasti buntut kalau hari jum'at pesanan jadi setengah aja. Gue seperti menyatu denga gerobak ibunya saking akrabnya. Sampai pernah suatu hari karena gue keseringan pesen sayap ayam kjadian lucu terjadi..
Gue:" Ibu, pesen lontong ya 1..pakai haruan"
Ibu esa:  "inggih, minumnya teh hangat kah nak?"
Gue: "iya bu" (dalem hati gue sudah tau yg bakalan dateng pasti teh panas kayak biasa)
5 menit kemudian datang sepiring lontong lengkap dengan sayap ayam sambal habangnya.. Gue diem bentar dan cuman bisa nyengir liat gitu. Terharu dikit sih, nangis bentar juga.. bcanda

Yahhh gue tau tempat ini bakal gue rindukan suatu saat nanti. Cuman tempat ini yang bikin gue ga bisa move on dari rasa nyamannya dan ga terbesit akan move on kelain tempat.

Karna saat kita benar-benar nyaman sampai enggan untuk beranjak, mungkin itu adalah yang terakhir Tuhan siapkan untuk kita. Persis seperti jodoh.




by: Sileo

0 Masukan:

Posting Komentar