" Safe The Last Song"


Dari Drive sampai D’Massiv semua orang tau..dari Gigi, Anang, Coklat (jangan dibaca nyambung) semua orang suka..dari Kangen Band sampai Hancur Band semua orang muntah kenal.. itu semua nama-nama Band terkenal.. tapi kalo “Safe The Last Song” ? apakah semua orang tau? Apakah itu band terkenal? Atau itu hanya imajinasi penulis semata??
Tentu tidak! Itu band penulis saat SMA .. mari kita lihat awal mula terbentunya band ini..

2 years ago..
When Superman still alive and Global Warming isn’t popular yet..

Ada seorang anak muda dan 2 orang tmen voli-nya yg tertarik untuk membentuk sebuah band buat Perpisahan mereka kelas 3 nanti.. tanpa ada modal apa-apa akhirnya mereka sepakat membentuk band bernama Akvol band.. singkatan dari Anak Volly Band..

Gak berapa lama setelah AkVol Band berdiri, anggota AkVol Band sadar, bahwa anak muda tampan dan 2 temenya itu GAK ADA yang bisa main MUSIK!!?..

Kami sadar ngeband dengan 3 anggota yang semuanya amatir adalah usaha menelanjangi diri kami sendiri.. Sehingga kami perlu orang-orang tambahan yang gak semuanya amatir..
Kami sadar biaya studio dan sembako yang semakin mahal mengakibatkan kami gak bisa beli pulsa lagi.. Sehingga kami memerlukan donatur tetap..
Kami sadar memakai daster hanya untuk cewek sehingga kami berhenti melakukannya n menyadari kekhilafan kami..
Maka, pencarian anggota pun dimulai..

Ini anggota band yang belum fix setelah pencarian:
  1. Yusro aka Vokalis
  2. Nizar aka Keyboardis
  3. Yudi aka gitaris 1
  4. Red. Aka bassis
  5. BNS aka gitaris 2
  6. Rizal aka penulis aka drummer
Karena anggotanya sudah gak murni anak-anak voly lagi, jadi nama AkVol Band segera pensiun, setelah bertahan selama tiga bulan, satu bulan, satu minggu, tiga hari..
Nantilah membicarakan masalah nama, pikir kami.. Yang penting mendapatkan anggota tetap dulu..

Sebelum ke formasi akhir (4-3-1-2), ada dua anggota yang dengan sangat terpaksa kami siksa, hancurkan, ledakkan depak dari band ini..
Mengapa mereka harus didepak ?

Anggota pertama, (sebut saja, red. *bukan redaksi* ) yang awalnya kami daulat sebagai bassist..
Sayangnya, setiap kali mau latihan.. Ada tembok besar yang menghalangi dirinya.. Dia adalah.. JENG JENG JENG.. Cewek red. *sekali lagi, bukan redaksi*
Sebagai seorang cewek yang sangat overprotective terhadap cowoknya.. Selalu memantau red. dari mana saja, dicurigai memiliki satelit di luar angkasa.. Mengekang hasrat, gelora jiwa muda red. yang juga amatir terhadap bass..
Sialnya, semua itu membuat red. jarang latihan..
Kejadian terparah terjadi saat anggota band pulang dari Banjarmasin n memutuskan untuk latihan.. Dipilihlah sebuah tempat penyewaan band atau kerennya studio band di kawasan Landasan Ulin.. Ternyata red. tanpa kami sadari membawa si cewek karena si cewek juga ikut ke Banjarmasin..

Awalnya gak masalah, tapi lama-lama si red. cari masalah.. Dia mesra-mesraan dikala musik sedang berlangsung ,red. dan kekasihnya melakukan adegan yang sangat sinetronistis (keadaan seperti sinetron) .. efek sampingnya Yusro ga konsen, Yudi salah kunci gitar, nizar mogok main (emang ga ada keybord disana hhe..) dan gw kepukul kepala sang vokalis..
akhirnya..
Kami pulang dengan kecewa, red. pulang dengan gembira.. Lalalalala..

Di suatu sesi latihan selanjutnya, red. nge-sms.. "Gue bawa cewek gue ya ?" Serentak kami membatalkan niat latihan n dengan suka cita berat hati menggagalkan keinginan red. manggung di acara perpisahan..

Anggota kedua, Bukan Nama Sebenarnya alias BNS..
Sebagai seorang yang baru belajar gitar kepada master gitar legendaris SWAT, saudara Akbar.. Beri tepuk tangan yang meriah.. *PROK!*
Mempunyai skill yang mumpuni, tangguh, irit, lincah, mampu melewati tanjakan.. Kurang apalagi ? Ganteng iya, keren iya, Yudi terkagum-kagum, Nizar terpesona, Yusro boker di celana..
BNS sebenarnya bisa dikatakan layak menjadi seorang gitaris muda berbakat, kalau saja dirinya tidak mengacaukan sesi latihan..

Sebagai contoh..
Lagu yang dipakai dalam latihan adalah Magneto - Aku Cinta Kamu..
Yudi sudah menghafal rumus kuncinya, nizar juga, Yusro ngapal kalkulus, and gw ngapalin no cewe yang baru kenal :p.. ehm.. Just Kidding.
Tapi BNS dengan santainya ngajak main lagu Bendera – Coklat yang ternyata lebih sulit daripada Rumus ABC Segitiga saat itu .. hasil akhir permainan kami jadi berantakan.. dan Yudi opname LAGI-LAGI kepukul stick drum gw.. --‘’

Dengan pertimbangan keseriusan latihan, akhirnya BNS kami depak..

Akhirnya, tersisalah formasi sebagai berikut yang latihan penuh, kami latihan saat perlu, kadang-kadang sparing main PS dan tidur bareng!!
(oke yang terakhir agak emosional)

  • Yusro : Vokal
  • Akbar : Guitar Lead
  • Yudi : Guitar Rhytm
  • Galih : Bass
  • Rizal : Drum
  • Nizar : Keyboard


Anggota terakhir adalah Idama yang ikut latihan dua kali tapi langsung kepilih sebagai Vokalis 2, karena kami menggunakan lagu Geisha buat tampil.. Betapa beruntungnya dia..

Tempat latihan kami biasanya di SAM studio, sama AD studio,.
Gw masih inget pertama kali latihan di SAM studio, waktu itu Cuma bertiga, gw , Nizar n Yudi.. kami semua buta musik.. akhirnya kami sepakat main lagu Ungu – Demi Waktu ..hal yang terakhir gw inget sebelum masuk IGD adalah paman pnjaga Studio SAM kluar ruangan sambil lari-lari kaya denger suara DajjaL.. terakhir Nizar bilang kami disangka nyalain Bom saking gak keruannya musik kami..huehehe

Di lain kesempatan, saat sedang latihan di Sam Studio kami menemukan siapa Om Sam sebenarnya..
Apakah dia pencari bakat ?
Saat Akbar sedang mengutak-atik efek gitar, Yusro membaca tulisan yang tertera di baris digital..
SAMSUL00
"Samsul ? Siapa Samsul ?" Dengan polos Yusro ngoceh di mike, gak berapa lama Nizar ketawa sambil mengacungkan jari tengah di mulut tanda nyuruh diam *atau mau digampar*.. Yusro akhirnya sadar n tersipu malu terus gantung diri pakai kabel mike.. Semua yang ada di studio ketawa, untung si Om sedang gak ada di tempat.. Kalau tidak, entah apa yang akan terjadi..

Inilah kejadian-kejadian saat latihan di Sam Studio..
*si gitaris wajah mesum dan bassist alim*
*Akbar si gitaris bertalenta*
*Yusro si vokalis yang sering "kena" stick drum*
*drummer sedeng.. BEWARE *
*formasi kacau*

Anggota lengkap sudah.. musik sudah ada.. permainan jangan di Tanya.. (susah jawabnya) ,tinggal nama band..!

Oke .. tahap ini merupakan tahap paling banyak perdebatan.. banyak calon nama yang di usulkan , seperti “Simple Boys” , “Ordinary Student”, “Bubble Green”, “Astro boys” dan yang paling kontroversi ialah “Rizal dan Anak-anak Yahudi band” usul gw itu langsung di tolak mentah-mentah.. gw di ancem bakal di perkosa ramai-ramai .. akhirnya karna gw masih normal ,nama itu dengan terpaksa di batalkan .. jadilah usul terakhir band kami bernama “Safe The Last Song” ..

Semoga sebuah puzzle cerita di SMA tentang sebuah Band ini ,bisa melengkapi kenangan-kenangan dan cerita di SMA gw..karna, seorang Ilmuan pernah berkata..
Tak kan ada buku yang bisa menuliskan seluruh kenangan-kenangan kita di SMA..

foto di ambil di sini
*cerita ini didedikasikan buat anak-anak SWAT SMA N 1 Bjb


3 Masukan:

  1. skarang masih ekssis bang bandnya???

    BalasHapus
  2. sudah nggak lagi..
    sudah misah anggotanya gra2 t4 kuliahnya beda..

    BalasHapus
  3. Ini kayak yang di

    http://tekolabi.blogspot.com/2010/08/akvol-band-is-dead.html

    n

    http://tekolabi.blogspot.com/2010/07/kisah-awal-mengapa-gue-menjadi.html

    haha, (buka kartu).

    Btw, bukan Safe Zal. Tapi Save.

    BalasHapus